Sabtu, 18 Februari 2012

Adap Menuntut Ilmu

Adap Dalam Menuntul Ilmu 
Sesungguhnya segala puji hanya milik Allah semata yang telah menciptakan langit dan bumi beserta isinya, yang telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya, Dialah Allah tuhan yang maha ESA,
Sholawat selalu terlimpah kepada panutan kita, san pembawa pencerah di bumi, yang telah mengeluarkan manusia dari jalan gelap gulita menuju cahaya islam, dialah Nabi Muhammad SAW.
Fenomena belakangan ini banyak kejadian-kejadian yang tidak sewajarnya dilakukan oleh orang yang melakukan, maksudnya ada anak kecil tetapi tingkah lakunya seperti anak dewasa dan sebaliknya ada anak dewasa atau orang tua yang tingkah lakunya seperti anak kecil, inilah fenomena yang terjadi sekarang ini, mengapa itu bisa terjadi?? Karena mereka jauh dari ILMU, mereka enggan melakukan perbaikan diri, mengembang diri, meningkatkat kwalitas diri.
Saudaraku yang di cintai Allah……
Allah telah berjanji dalam firmanya,
“ Barang siapa yang menuntut ilmu akan diangkat drajatnya” dalam sabda nabi juga dikatakan, « menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki dan muslim perempuan » HR. Buhari
Saudaraku yang di cintai Allah……
Mari kita selalu mendekatkan diri kepada Allah
, dengan memanfaatkan segala ni’may yang telah diberikan kepada Allah kepada kita, kita gunakan kesempatan ini. Adapun etika dalam menuntut ilmu diantaranya :
1. Seorang penuntut ilmu harus IKHLAS
Seorang penuntut ilmu meniatkan di dalam hatinya hanya untuk mencari Ridha Allah SWT, itulah ciri seorang muslim, bahwa setiap apa yang dikerjakan ia niatkan untuk mencari ridha Allah SWT. Inilah yang menjadi pembeda kita dengan orang non muslim, orang non muslim meniatkan segala yang dilakukan hanya untuk kehidupan Duniawinya saja. Maka yang paling utama adalah kita dasari setiap tindakan kita dengan rasa tulus ikhlas untuk mencari Ridha Allah SWT.
2. ILMU DICARI UNTUK BERAMAl
Ilmu dulu baru Amal, jangan Amal dulu baru mencari ilmu, itulah hal yang mungkin seringkali kita lakukan di dalam kehidupan kita sehari-hari, kita sering melakukan hal –hal yang kita belum tahu ilmunya namun kita lakukan, ilmu dicari untuk digunakan sebagai landasan kita dalam beramal.
3. KESABARAN
Seorang penuntut ilmu harus mempunyai jiwa sabar, karena tanpa kesabaran niscaya tidak akan sampai ilmu kedalam dirinya, orang yang sulit menerima ilmu, namun ia tetap sabar dan terus berusaha maka niscaya Allah akan memberikan Pahala orang-orang yang tetap bersabar dan terus berusaha dalam menuntut ilmu.
4. Mengulang-Ulang ilmu yang sudah didapat
5. Mencatat ilmu yang sudah didapat
6. Mendakwahkanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar